Minggu, 31 Juli 2016

Cara Menguji Bakso yang Mengandung Boraks

Cara Menguji Bakso yang Mengandung Boraks


Boraks bahan kimia yang berfungsi untuk mengawetkan makanan. Boraks dapat membuat makanan menjadi tahan lama tetapi kandungan kimianya berbahaya bagi tubuh manusia. Kebanyakan bakso dicampur boraks. Namun masih banyak pedagang bakso yang menambahkan adonan baksonya dengan boraks. Mereka beralasan penggunaan boraks dengan tujuan menghilangkan kerugian bila makanan mereka tidak habis terjual. Secara kasat mata kita sulit melihat perbedaan antara bakso yang tidak menggunakan boraks dan menggunakan boraks.


Pada tahun 2014 kemarin telah ditemukan cara mudah dan cepat untuk uji boraks bakso yang dinamakan SIBODEC (Stick Of Borax Detector).
Cara pengujiannya sangat mudah sekali hanya menggunakan tusuk gigi dan kunyit saja.


Caranya :
  1. Ambil tusuk gigi lalu tusukkan ke kunyit.
  2. Tusuk gigi yang sudah ditusukkan ke kunyit lalu tusukkan ke bakso lalu diamkan selama kurang lebih 5 detik. Setelah itu cabut tusuk giginya.
  3. Setelah itu akan terlihat hasilnya. Bila bakso menggunakan boraks maka warna tusuk gigi akan berubah menjadi merah. Hal ini bisa terjadi karena bahan kunyit akan bereaksi terhadap bahan kimia.

Jadi sekarang saatnya para pecinta bakso ada baiknya untuk terlebih dahulu menguji bakso yang akan dikonsumsi apakah mengandung bahan boraks atau tidak dengan cara sederhana di atas.

Dapat dilihat di Youtube



Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.👍










0 komentar:

Posting Komentar